Saturday, March 26, 2011

Seputar Roll Film

Tahun lalu saya mulai tertarik dengan kamera analog (toycam/kamera plastik tepatnya)..salah satu hal penting dari fotografi analog adalah roll film..Di sini saya akan sedikit menjelaskan beberapa jenis roll film..

Dari segi ukuran, roll film memiliki beberapa ukuran yaitu 110mm, 120mm, dan 135mm. Ukuran standar yg biasa digunakan kebanyakan kamera analog adalah 135mm. Untuk ukuran 120mm biasanya digunakan untuk kamera-kamera lomo. Sedangkan roll film 110mm biasa digunakan untuk kamera lama dan roll film ini sudah jarang di jual.

Jika dilihat dari ISO/ASA, roll film memiliki ASA 100,200,400,800, bahkan ada juga yang memiliki ASA 1600. Pengertian ISO/ASA sendiri adalah kemampuan untuk menangkap cahaya. Kalau kita menggunakan roll dengan ASA yang rendah (ASA 100 misalnya) maka hasil gambar yang kita peroleh akan lebih gelap. Itu sebabnya ASA yang rendah tidak disarankan untuk digunakan di malam hari atau di tempat yang kurang cahaya matahari. Ukuran ASA standar yang biasa digunakan adalah ASA 200, sedangkan jika ingin mengambil gambar di tempat yang lebih gelap, sebaiknya gunakan ASA 400 ke atas (misalnya ketika mengambil gambar di dalam air atau di dalam ruangan).

Selain ukuran dan ASA, hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah masa kadaluarsa/expired dari film tersebut. Roll film yang belum expired akan menghasilkan gambar yg standar. Jika menggunakan roll film yang sudah expired, maka hasilnya bisa lebih pudar atau mungkin lebih gelap. Namun jangan takut untuk mencoba menggunakan roll film expired karena hasilnya bisa saja luar biasa (inilah salah satu alasan mengapa saya tertarik dengan fotografi analog. hasil yg diperoleh benar-benar di luar dugaan :D). Alasan lain mengapa roll expired sering dipakai oleh pecinta kamera analog adalah karena harganya yang lebih murah dibandingkan roll film fresh.

Sayangnya saat ini roll film sudah tidak banyak dijual. Masih ada beberapa yang menjual tetapi tidak terlalu lengkap.Kebanyakan yang dijual roll ukuran 135mm dengan ASA 200 dan di beberapa tempat harga roll film cukup mahal.Tapi jangan khawatir karena masih banyak penjual roll film murah meriah di internet. So, jangan takut untuk memasuki dunia analog.hehehe

******
Klik untuk melihat hasil jepretan Roll Film FRESH dan EXPIRED :)

2 comments:

  1. hasil jepretannya dong pingin liat

    ReplyDelete
  2. wah..maaf ya blm sempet posting hasil jepretannya..nanti ya klo sempet pasti di posting :)

    ReplyDelete

Membuat Laporan Penjualan Online Shop dengan Excel

Berawal dari pengalaman kebingungan bikin laporan penjualan untuk online shop gw sendiri karena selalu ngerasa ada yang kurang dari laporan...